Profil Editor

ZALDY Munir yang akrab disapa kang Asef, lahir di Kota Metropolitan Jakarta pada tanggal 26 Agustus 1985. Terlahir sebagai anak ke 2 dari 3 bersaudara pasangan Munir Suhendar dan R. Ayunah, SP.d.  Alumni pertama SDN 03 Pagi, Semper Barat, Jakarta, tamat 1998. Lalu melanjutkan ke Madrasah Tsanawiyah (MTS) Nurul Huda, Kampung Baru, Jakarta, tamat 2001. Usai tamat dari Madrasah Tsanawiyah lalu melanjutkan ke SMK/STM Perguruan “CIKINI” Jakarta, jurusan Mekanik Otomotif, tamat 2004.

Pada tahun 2004 ia tedaftar sebagai mahasiswa Universitas Ibnu Chaldun Jakarta, fakultas Agama Islam jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI). (sampai semester empat). Lalu pindah dan melanjutkan kembali studinya ke Universitas Islam Jakarta (UIJ) mengambil fakultas dan jurusan yang sama, hingga tamat 2009.

Selama kuliah ia aktif berorganisasi plus demonstrasi. Di internal kampus, pernah menjadi pengurus Senat Mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Ibnu Chaldun Jakarta (2004-2006). Pengurus Dewan Mahasiswa (DEMA) Universitas Ibnu Chaldun Jakarta (2005-2006). Ketua Divisi Umum Komunikasi dan Informasi BEM Fakultas Agama Islam Universitas Islam Jakarta (UIJ) (2008-2009). Dan di eksternal kampus, Ketua Umum HMI-MPO Komisariat Fakultas Agama Islam Universitas Islam Jakarta (UIJ) (2008-2009).

Pria keturunan Garut, Jawa Barat ini, menekuni dunia tulis-menulis secara otodidak, berawal dari sebuah catatan harian. Ia mulai serius menulis puisi dan cerpen sejak tahun 1998. Tulisan pertamanya yang berjudul ‘Dewi Tak Jadi Pindah Sekolah’ (Cerpen) dimuat di Tabloid Fantasi Mei 2002. Tidak hanya di dunia tulis-menulis saja yang ia geluti. Pada tahun 2005 ia mengawali kariernya dibidang jurnalistik. Pernah menjadi Dewan Redaksi Jurnal KITA (2005-2006), Redaktur Majalah INKAR (Informasi Kader HMI) (2007), Wakil Pemimpin Redaksi Majalah Majemuk (2007-2008). Reporter Tabloid Jayakarta Plus (2008), dan Redaktur Pelaksana Tabloid INDEPENDEN (2007-2009).

Selain menulis cerpen dan puisi, ia juga suka menulis esai dan artikel. Beberapa Cerpen, puisi, esai dan artikelnya telah di publikasikan dibeberapa media massa, antara lain Tabloid Fantasi, Majalah Sabili, Tabloid Nova, Majalah Mimbar Ulama, Jurnal Studi Islam Muqaddimah, Jayakarta, dll.

Pria yang mempunyai hobi fotografi, main catur, makan kue pisang dan nonton wayang golek ini, pada tahun 2007 juara III dalam Lomba Karta Tulis Ilmiah Mahasiswa (LKTM) tingkat Kopertis wilayah III. Lalu, pada tanggal 24-25 Mei 2007, ia dikirim ke Padang untuk mengikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa (LKTM) Tingkat Nasional. Bidang Pendidikan Tingkat Wilayah A di Universitas Negeri Padang (UNP). Di tahun yang sama (2007) ia memperoleh Piagam Penghargaan dari Rektor Universitas Islam Jakarta (UIJ), atas keberhasilannya sebagai Ranking IV Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa (LKTM) Tingkat Nasional.

Begitu gilanya dengan dunia tulis-menulis dan jurnalistik ia sempat mengikuti beberapa pelatihan, seperti pelatihan menulis Artikel dan Cerpen yang diselenggarkan oleh Majalah Ummi (Februari 2006). Pelatihan Jurnalistik pada Diklat TVRI angkatan 15, Program Reportase Televisi (April 2007). Pelatihan Jurnalistik pada LPJA ANTARA Program Paket Calon Wartawan (Juni 2007). Dan Foto Jurnalistik pada LPJA ANTARA (Februari 2008).

Sekarang ia sedang mempersiapkan Novel perdanyanya yang berjudul ‘Dua Hati Yang Terluka’ dan mempersiapkan karya yang lain ‘Setangkai Mawar Merah untuk Sang Kekasih’. Selain menulis, ia juga mendidikasikan dirinya sebagai guru, dengan tujuan untuk melanjutkan perjuangan Ki Hajar Dewantoro.©

Iklan