WAJIB DILAKUKAN WANITA SAAT SIKLUS MENSTRUASI

The INDEPENDEN’S – Weblog, Umumnya, setiap bulan wanita mengalami siklus menstruasi. Untuk itu, Anda pun perlu persiapan khusus bisa melewati fase ini dengan baik.
Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan wanita saat siklus menstruasi terjadi, seperti dilansir dari buku ”Kesprohilic, A-Z Tanya Jawab Seputar Masalah Seksualitas” dari Tim Mitra INTI:

1. Pada saat menstruasi, dinding rahim mudah sekali terkena infeksi. Oleh karenanya, wanita harus mempraktikkan kebersihan sesuai standar kesehatan karena bakteri mudah masuk ke Miss V dan dapat menyebabkan penyakit yang merusak seluruh sistem reproduksi.

2. Pada saat menstruasi, beberapa wanita merasakan sakit di sekitar pinggang dan pinggul. Hal ini terjadi karena tertariknya otot rahim.

3. Untuk melaksanakan kebersihan sesuai standar kesehatan, ketika menggunakan pembalut selama menstruasi, wanita harus menggantinya sebanyak 2-3 kali per hari, dan setelah mandi dan buang air kecil bisa setiap 3-4 jam. Hal ini untuk menghindari iritasi. Patut diketahui bahwa darah merupakan media yang baik bagi pertumbuhan kuman, jadi sebaiknya penggantian pembalut diperhatikan.

4. Ketika menggunakan pembalut dan menggantinya, cucilah dengan bersih, kemudian dibungkus dengan kertas, dan membuangnya di tempat sampah. Pembalut kain, lebih bagus direndam di air yang hangat dengan deterjen di ember tertutup sebelum mencucinya. (tty)

Sumber: http://lifestyle.okezone.com/read/2010/07/18/27/353999/wajib-dilakukan-wanita-saat-siklus-menstruasi

Iklan