KENALI PEMICU SAKIT KEPALA

The INDEPENDEN’S – Weblog – Sakit kepala bisa dipicu banyak hal. Tak hanya makanan atau rokok. Aktivitas berlebih dan melewatkan sarapan juga bisa memicu. Berikut pemicu sakit kepala.

– Bos
Apa pun yang meningkatkan stres Anda, dapat membuat lebih rentan terhadap sakit kepala atau migrain. Termasuk bos Anda. Sakit kepala diduga disebabkan oleh kepekaan jalur saraf di otak yang meningkat ketika Anda bekerja dan mendapat tekanan. Migrain berasal dari perubahan di dalam otak itu sendiri. Saat sakit kepala, sinyal otak memicu pelepasan bahan kimia yang mengubah pelebaran pembuluh darah. Sinyal-sinyal ini juga mengaktifkan peradangan di otak, yang dapat menyebabkan migrain.

– Cuaca panas
Ketika suhu naik, begitu juga dengan kemungkinan mengembangkan migrain atau sakit kepala parah lainnya. Dalam sebuah studi baru-baru ini menemukan peningkatan untuk setiap 9 derajat Fahrenheit, risiko sakit kepala naik 7,5 persen.

– Bau Menyengat
Bau yang kuat, walaupun bau wangi, bisa memicu migrain pada banyak orang. Mengapa bau menyengat bisa bikin sakit kepala hingga saat ini masih belum jelas. Namun bau dapat merangsang sistem saraf. Bau paling umum yang bikin pening adalah cat, debu, parfum, dan beberapa jenis bunga.

– Aksesori rambut
Jika Anda berambut panjang dan memakai aksesori rambut, aksesori ini bisa memicu sakit kepala. Tali kucir yang ketat mungkin bisa menarik kulit kepala dan menyebabkan sakit. Ikat kepala, kepang, dan topi ketat dapat menciptakan efek yang sama. Jika ini adalah penyebab sakit kepala Anda, membiarkan rambut Anda tergerai bisa membantu.

– Olahraga
Olahraga yang keras, termasuk seks, dapat mengakibatkan kelelahan hingga sakit kepala. Aktivitas fisik yang berat bisa menyebabkan pembuluh darah di kepala, leher, dan kulit kepala membengkak. Hingga menghasilkan tekanan darahnya naik. Jenis sakit kepala yang paling umum pada orang yang rentan terhadap migrain.

– Posisi duduk
Posisi duduk seperti membungkuk di meja, menggunakan kursi tanpa sandaran, menatap monitor yang terlalu rendah atau terlalu tinggi, bisa menyebabkan sakit kepala. Jika Anda merasa sering sakit kepala, lihat ruang kerja Anda.

– Tyramine
Tyramine terdapat pada keju, anggur merah, dan daging olahan. Pada keju, tyramine terbentuk ketika protein jenis tertentu rusak. Semakin lama usia keju, tyramine semakin banyak. Pada anggur merah atau minuman beralkohol, zat ini makin memicu sakit kepala dengan bantuan alkohol yang meningkatkan aliran darah ke otak. Sedang pada daging olahan, tyramine berkolaborasi dengan zat adiktif makanan yang disebut nitrat atau nitrit. Adiktif ini tampaknya meningkatkan aliran darah ke otak pada beberapa orang. Sakit kepala karena makanan adiktif biasanya terasa di kedua sisi kepala, beda dengan migrain.

-Tak Sarapan
Jika Anda tak sarapan, kepala bisa mulai sakit sebelum Anda sadari bahwa Anda lapar. Masalahnya pada gula darah. Jangan mencoba untuk menyembuhkan sakit kepala karena lapar dengan permen. Permen menyebabkan gula darah naik drastis dan kemudian turun bahkan lebih rendah.

– Merokok
Merokok diketahui memicu sakit kepala. Tak hanya pada perokok, tapi yang terpapar asap rokok. Asap rokok mengandung nikotin, yang menyebabkan pembuluh darah di otak menyempit.

– Kafein
Minuman kafein, yang dikonsumsi sesuai memang menguntungkan. Tapi menenggak kopi berlebih bisa menjadi penyebab sakit kepala. Dan, jika kecanduan kafein, mengurangi tiba-tiba bisa memicu sakit kepala.*

Sumber: http://www.tempointeraktif.com/hg/kesehatan/2010/07/15/brk,20100715-263650,id.html

Iklan