SEJUMLAH SEKOLAH DI BANDUNG LAKUKAN PUNGUTAN ILEGAL

The INDEPENDEN’S – Weblog, Bandung – Pemerintah Kota Bandung, Jawa Barat, menengarai sejumlah sekolah negeri di kota itu melakukan pungutan ilegal kepada orang tua siswa baru. 
Hal itu terungkap setelah masyarakat melaporkan tindakan oknum sekolah kepada Wali Kota Bandug. 

“Hari ini saya sudah memerintahkan Kepala Dinas Pendidikan untuk segera menindaklanjuti pengaduan masyarakat. Dugaan pungutan terjadi di empat SMP dan SMA,” kata Wali Kota Bandung Dada Rosada, Rabu (14/7). 

Jika terbukti benar, ujarnya, akan ada sanksi bagi oknum guru maupun kepala sekolah bersangkutan. Sanksi yang dijatuhkan mulai dari rotasi, penurunan jabatan, hingga penundaan 
kenaikan pangkat. Sebab pungutan di sekolah negeri dalam bentuk apapun tidak diperbolehkan. 

“Dalam waktu dekat hasil penyelidikan Disdik (Dinas Pendidikan) sudah bisa diketahui. Karena 
pembuktiannya mudah, yakni meminta keterangan dan bukti kuitansi pembayaran dari pelapor dan mengklarifikasi ke pihak sekolah,” katanya. 

Ia juga mengimbau kepada orang tua siswa untuk tidak menyetujui dan memberikan uang sesuai permintaan sekolah negeri. Jika tetap dipaksa membayar, minta kepada kepala sekolah agar menunjukkan dasar hukum pungutan dan segera melaporkan praktik itu kepada Dinas Pendidikan.* (AX/OL-01) 

Sumber: http://www.mediaindonesia.com/read/2010/07/14/155577/123/101/Sejumlah-Sekolah-di-Bandung-Lakukan-Pungutan-Ilegal

Iklan