JIKA REKENING WAJAR MENGAPA TAKUT DIPERIKSA KPK?

The INDEPENDEN’S – Weblog , Jakarta – Klarifikasi Markas Besar Polri terhadap rekening 23 perwira yang mencurigakan dinilai tidak memuaskan. Selain kurang detail, pemeriksaan tanpa melibatkan unsur independen juga diragukan kebenarannya.
Hal tersebut disampaikan penasihat Indonesia Police Watch (IPW) Johnson Panjaitan dan Guru Besar Universitas Indonesia Bambang Widodo Umar yang dihubungi secara terpisah.

Keduanya menilai, pada dasarnya Polri tidak memiliki itikad baik untuk mengusut kasus tersebut. Karena, kontroversi rekening tersebut telah berlangsung sejak tahun 2005 lalu.

“Ingat ini sudah sejak tahun 2005. Kok lama banget. Apa Polri malas? Ini kan dicek setelah ada tekanan publik,” kata Johnson saat dihubungi via telepon, Jumat (16/7/2010).

Hal senada diungkapkan Bambang. Dia mempertanyakan sikap Kapolri Jenderal Pol Bambang Hendarso Danuri yang kerap mengatakan persoalan rekening tersebut adalah masalah internal Polri.

“Itu menimbulkan kecurigaan. Harusnya kalau memang tidak apa-apa ya tidak usah khawatir diperiksa tim independen atau institusi lain seperti Komisi Pemberantasan Korupsi,” ujarnya.

Dengan memberi akses pada tim independen, kata Bambang, hasil penyelidikan bisa lebih dipercaya sehingga ke depannya tidak lagi menjadi persoalan.*

Sumber: http://news.okezone.com/read/2010/07/17/339/353823/jika-rekening-wajar-mengapa-takut-diperiksa-kpk

Iklan