HARGA CABAI MERAH NAIK 100 PERSEN

The INDEPENDEN’S – Weblog, Pandeglang – Harga cabai merah Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten mencapai Rp40 ribu per kg atau mengalami kenaikan hingga 100% dibandingkan harga pekan lalu yang hanya Rp20 ribu per kg. 
Pantauan di Pasar Badak Pandeglang, Kamis (15/7), menunjukkan kenaikan harga juga terjadi pada jenis bumbu-bumbuan lainnya seperti cabai rawit misalnya kini dijual Rp28 ribu per kg, naik dari sebelumnya berkisar Rp18 ribu-Rp20 ribu. 

Kemudian bawang merah Rp16 ribu per kg sebelumnya Rp12 ribu per kg, bawang putih Rp28 ribu per kg sebelumnya Rp24 ribu per kg. Demikian juga dengan harga kemiri kupas naik menjadi Rp25 ribu per kg, sebelumnya Rp20 ribu per kg, tomat besar/apel Rp16 ribu per kg sebelumnya Rp10 ribu per kg. 

Beberapa pedagang mengaku, dalam sepekan terakhir rata-rata mampu menjual cabai merah 5-10 kg per hari. 

Warga Pandeglang mempunyai kebiasaan menyimpan atau mengeringkan cabai merah untuk kebutuhan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri, jadi mulai kini permintaan terhadap cabai merah cukup tinggi. 

“Di Bulan Ramadhan dan Idul Fitri, warga biasa membuat angeun lada (sayur pedes) dan salah satu bumbu yang paling banyak dipakai cabai merah yang dikeringkan,” kata Muti Ali, salah seorang pedang bumbu-bumbuan. 

Angeun lada merupakan jenis masalah khas masyarakat Pandeglang yang biasa disajikan pada Hari Raya Idul Fitri, dengan bahan baku utama jeroan sapi atau kerbau. 

Mukti Ali juga menjelaskan, kenaikan harga tersebut selain dipicu tingginya permintaan juga karena harga dari pamsok mengalami kenaikan. 

“Kami membeli cabai merah dari pemasok berkisar Rp34 ribu-Rp36 ribu per kg, jadi terpaksa menjual Rp40 ribu per kg, jadi kita hanya mengambil keuntungan Rp4.000-Rp6.000 per kg dan itu wajar karena ada resiko dari cabai yang busuk,” ujarnya. 

Keterangan yang sama juga disampaikan Rasyidi, Encep dan Mulyadi, pedagang bumbu-bumbuan lainnya di Pasar Badak yang merupakan pasar tradisional terbesar di Kabupaten Pandeglang.* (Ant/OL-3)

Sumber: http://www.mediaindonesia.com/read/2010/07/07/155932/123/101/Harga-Cabai-Merah-Naik-100-Persen

Iklan