POLISI ISRAEL KERAHKAN PASUKAN DI SEKITAR MASJID AL AQSA

The INDEPENDEN’S – Weblog – POLISI Israel meningkatkan keamanan sebanyak dua kali lipat di sekitar Masjid Al Aqsa di Yerusalem, setelah sebelumnya kerusuhan pecah di wilayah tersebut.

“Kami telah menurunkan pasukan tambahan di sekitar kota tua Yerusalam. Polisi hanya akan memberi akses menuju Al Aqsa bagi pria dan perempuan muslim yang berusia di atas 50 tahun,” ucap juru bicara polisi Yerusalem Shmulik Ben Rubi, seperti dikutip AFP, Senin (1/3/2010).

Ben Rubi juga menambahkan, jika kompleks masjid tersebut akan dibuka untuk wisatawan seperti di hari biasa.

Sebelumnya pada hari Minggu 28 Februari, kompleks masjid tersebut dilanda kerusuhan antara warga muslim yang menolak pencaplokan Masjid Al Aqsa oleh pihak Israel. Mereka melempar batu ke arah sekelompok pengunjung masjid yang mereka percaya sebagai kelompok esktrimis Yahudi.

Polisi terpaksa melapaskan tembakan gas air mata ke arah pelaku pelemparan batu di dekat tembok tua yang berusia 400 tahun di kota tua Yerusalem. Dalam insiden ini, polisi menangkap sekitar tujuh orang, dua diantaranya menderita luka-luka.

Kompleks masjid Al Aqsa merupakan situs yang dianggap suci oleh Yahudi. Tempat ini juga dianggap tempat suci ketiga bagi umat muslim setelah Mekkah dan Madinah. Wilayah ini pula seringkali menjadi sumber kekerasan yang terjadi antara Israel dan Palestina.

Kini dengan klaim yang dilakukan oleh Israel atas masjid tersebut makin membuat ketegangan antara umat Muslim dan Yahudi di Timur Tengah terus meruncing. Israel sendiri bermaksud untuk mencaplok wilayah tersebut sebagai warisan nasional mereka.

Langkah ini menuai kecaman dari pihak Palestina dan Amerika Serikat mengkritik langkah Israel tersebut sebagai sebuah bentuk provokasi. (faj) (rhs)

Sumber: http://international.okezone.com/read/2010/03/01/18/308009/polisi-israel-kerahkan-pasukan-di-sekitar-masjid-al-aqsa

Iklan